A. Pengertian Perusahaan Manufaktur
Manufaktur adalah suatu cabang industri yang mengaplikasikan mesin,
peralatan dan tenaga kerja dan suatu medium proses untuk mengubah bahan mentah
menjadi barang jadi untuk dijual.
Istilah ini bisa digunakan untuk aktivitas manusia, dari kerajinan tangan
sampai ke produksi dengan teknologi tinggi, namun demikian istilah ini lebih
sering digunakan untuk dunia industri, dimana bahan baku diubah menjadi barang
jadi dalam skala yang besar.
Manufaktur ada dalam segala bidang sistim ekonomi. Dalam ekonomi pasar
bebas, manufakturing biasanya selalu berarti produksi secara masal untuk dijual
ke pelanggan untuk mendapatkan keuntungan.
B. Beberapa karakteristik perusahaan manufaktur menurut teori adalah sebagai
berikut :
1.
Produk yang dihasilkan bisa dilihat secara kasat
mata atau memiliki wujud. Sementara pada perusahaan jasa, produk yang mereka
hasilkan yakni jasa, tidak bisa dilihat namun hanya bisa dirasakan.
2.
Konsumen tidak memiliki peran dalam proses
produksi sebuah perusahaan manufaktur. Dalam karakteristik perusahaan
manufaktur ini, konsumen hanya akan menikmati hasil produksi saja.
3.
Konsumen bisa menilai suatu produk saat belum
menggunakan produk tersebut atau juga setelah menggunakan produk tersebut.
Sedangkan pada perusahaan jasa, seorang konsumen harus mengkonsumsi layanan
jasa untuk bisa memberikan penilaian atas produk yang dihasilkan perusahaan
jasa.
4.
Untuk proses penyampaian pada konsumen, bisa
dilakukan tanpa memerlukan kontak fisik. Salah satunya melalui jasa distributor
atau memanfaatkan sistem pemasaran modern menggunakan internet.
5.
Adanya ketergantungan konsumen untuk mencari
produk yang ada. Sehingga, produsen memiliki kewenangan mutlak untuk
menyediakan jumlah barang di pasaran. Hal ini berdampak pada harga jual sebuah
produk. Karena makin sedikit barang yang tersedia, makin tinggi harga produk
tersebut jika permintaan tidak berkurang.
C. fungsi perusahaan manufaktur
Perusahaan
manufaktur memiliki beberapa fungsi dalam usahanya. Fungsi dari perusahaan
manufaktur tersebut adalah :
a.
Fungsi produksi
Seperti yang kita ketahui bahwa perusahaan manufaktur
adalah perusahaan yang mengelola bahan mentah menjadi bahan jadi yang bisa di
manfaatkan langsung oleh monsumen.
Pada tahap ini, perusahaan manufaktur melakukan fungsi
produksinya. Fungsi produksi tersebut adalah pembuatan barang mentah menjadi
barang jadi. Salah satu contoh perusahaan manufaktur dalam menjalankan fungsi
produksinya adalah perusahaan mebel
b.
Fungsi pemasaran
Sebuah
perusahaan pastilah memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan tang
sebanyak-banyaknya. Salah satu langkah yang dilakukan untuk mendapatkan untung
tersebut adalah dengan meningkatkan pemasaran akan produk yang dimiliki
Kegiatan
pemasaran juga biasa dilakukan oleh perusahaan manufaktur. Dalam memperoleh
laba atau keuntungan yang tinggi maka perusahaan manufaktur selalu mengadakan
kegiatan pemasaran
Kegiatan
pemasaran yang dilakukan bertujuan agar produk yang telah dihasilkan dapat
dikenal oleh masyarakat luas. Dengan semakin kenalnya mayarakat akan produk
tersebut maka peluang untuk terjual barang produksi tersebut juga semakin
besar. Pada akhirnya keuntungan perusahaan juga akan meningkat seiring dengan
emningkatnya kegiatan pemasaran.
Tidak ada
perusahaan yang tidak melakukan kegiatan pemasaran. Pemasaran merupakan faktoe
utama dari ujung tombak dari setiap perusahaan. Proses pengenalan produk dan
pendongkrakan penjualan produk semuanya dilakukan dalam proses pemasaran.
c.
Fungsi administrasi dan umum
Fungsi
perusahaan manufaktur yang ketiga dalah fungsi administrasi. Fungsi
administrasi adalah fungsi kegiatan manufaktur yang berkaitan dengan penentuan
kebijakan perusahaan, pengarahan, dan pengawasan lebih efektif dan efisien.
d.
Fungsi keuangan
Fungsi keuangan dalam perusahaan manufaktur adalah
fungsi dari penyediaan dana keuangan dibutuhkan oleh perusahaan untuk
pengembangan maupun proses produksi tersebut
Fungsi keuangan juga termasuk fungsi penting dalam
sebuah perusahaan. Penyokongan dana yang kuat sangat dibutuhkan dalam dunia
bisnis. Persaingan yang ketat membuat fungsi keuangan sangat berperan penting
Dalam perusahan di dunia bisnis biasanya selalu
terjadi persaingan harga. Perusahaan yang memiliki sokongan dana yang kuatlah
yang menang dalam persaingan yang tidak sehat.
Biaya yang ada dalam perusahaan manufaktur berdasarkan
keempat fungsi tersebut ada :
1.
Biaya produksi
Biaya produksi adalah biaya yang dikeluarkan dalam
proses produksi suatu barang oleh perusahaan. Biaya produksi sendiri terdiri
dari baiya bahan mentah, biaya tenaga kerja dan biaya overhead pabrik
2.
Biaya pemasaran
Biaya pemasaran adalah biaya yang dikeluarkan oleh
perusahaan yang digunakan selama proses pemasaran produk jadi sampai dengan pengumpulan
piutang dalam bentuk kas
3.
Biaya administrasi
Biaya administrasi adalah biaya yang dikeluarkan dalam
pemenuhan proses administrasi suatu perusahaan
4.
Biaya keuangan
Biaya keuangan adalah pelaksanaa fungsi yang
dikeluarkan perusahaan selama pelaksanaan fungsi keuangan. Salah satu contoh
perusahaan anufaktur dalam biaya keuangan adalah adanya bunga selama
pelaksanaan fungsi keuangan
D. Perbedaan
perusahaan dagang dengan perusahaan manufaktur
Perbedaan
yang terdapat dalam akuntasi untuk perusahaan manufaktur dengan perusahaan
dagang,disebabkan oleh adanya perbedaan dalam sifat operasinya.ciri pokok
operasi perusahaan dagang adalah menjual barang dagangan tanpa mengolah lebih
dahulu barang yang dibelinnya.dengan perkataan lain perusaahaan dagang tidak
melakukan proses produksi,sehingga barang yang dibeli langsung dijual.dengan
demikian penentuan harga pokok barang yang dibeli maupun dijual dalam
perusahaan dagang relative mudah.operasi perusahaan manufaktur tidak
sesederhana perusahaan dagang,karena perusahaan manufaktur membuat sendiri
barang yang akan dijualnya.Dalam perusahaan manufaktur,penentuan harga pokok
barang yang diproduksi dan harga pokok penjualan harus melalui beberapa tahapan
yang lebih rumit.perusahaan manufaktur harus menggabungkan harga bahan yang
dipakai,dengan biaya tenaga kerja dan biaya produksi lain untuk dapat
menentukan harga pokok barang yang siap untuk dijual.
Perbedaan
ini timbul karena perusahaan dagang langsung menjual barang yang
dibelinya,sedangkan peusahaan manufaktur harus membuat dulu barang yang akan
dijualnya
0 komentar:
Posting Komentar